Tuesday, 12 April 2016

Kekurangan dan hal yang harus diperhatikan untuk penggunaan floor deck untuk pelat lantai





Karena sudah terlalu banyak blog yang memposting tentang kelebihan penggunaan material floordeck, disini saya akan membahas beberapa kekurangan penggunaan floordeck. Hal ini harus diperhatikan dengan teliti saat desain dan pemasangan floordeck untuk konstruksi pelat lantai, karena apabila terjadi kesalahan maka bukan hanya resiko ringan yang akan terjadi tetapi bisa sampai fatal. Berikut adalah beberapa kekurangan penggunaan floordeck dari pengalaman penulis.

1.     Bentuk corrugated floordeck memberikan tebal efektif pelat lantai yang lebih kecil, sehingga dalam desain tulangan tumpuan, sebaiknya lengan moment tulangan negative diperhitungkan dari tebal efektifnya pelat lantai floordeck. Karena lengan moment lebih kecil, untuk nilai beban yang sama dan panjang bentang yang sama keperluan tulangan moment negative (tulangan tumpuan) cenderung lebih besar dari penulangan pelat konvensional. Pemasangan tulangan tumpuan florrdeck harus benar, karena apabila tulangan terlalu dekat ke floordeck maka kapasitas moment penampang pelat tidak akan tercapai dan terjadi retak sepanjang tumpuan pelat.

2.     Pemakaian floor deck otomatis akan membuat desain pelat lantai menjadi pelat satu arah. Sehingga perlu geometri modul balok untuk menjadikan pelat lantai menjadi satu arah (pelat satu arah perbandingan panjang dan lebar > 2). Misalnya modul kolom 4x4 m, untuk menjadikan pelat satu arah maka diperlukan balok anak ditengahnya, sehingga modul pelat 4x2 m. Apabila dipaksakan penggunaan floordeck untuk pelat lantai dua arah, resikonya adalah pelat akan melendut pada arah lemah floordeck dan akan terjadi retak moment sepanjang tumpuan pelat.

3.     Floordeck terbuat dari metal yang mempunyai ketahanan lebih rendah terhadap api dibandingkan beton atau tulangan baja yang diselimuti beton. Biasanya bila desain pelat menggunakan floordeck, desainer tidak memberikan tulangan pada posisi tengah bentang pelat untuk optimasi. Tetapi hal tersebut akan fatal akibatnya apabila terjadi kebakaran, maka floordeck akan meleleh dan beton tidak akan mampu mendukung berat sendirinya sehingga akan terjadi keruntuhan pelat lantai. Sangan disarankan agar tetap memberikan tulangan positif pada tengah bentang untuk antisipasi agar saat terjadi kebakaran, pelat lantai tidak langsung runtuh.

4.     Floordeck merupakan material yang tidak permeable, sehingga air tidak bisa menembus permukaannya. Apabila diaplikasikan untuk area lantai basah seperti toilet dan kamar mandi, maka retak rambut yang terjadi di permukaan beton akan memberikan jalan air meresap ke bawah pelat lantai, lalu air akan merembes menyusuri lekukan floordeck dan akan terjadi kebocoran di sembarang tempat di ujung flordeck tersebut dipasang. Sangat tidak disarankan penggunaan florrdeck untuk area pelat lantai basah.
5.     Floordeck merupakan kombinasi material metal yang diberi coating material anti karat. Sebaiknya bila digunakan untuk area pelat lantai yang berhubungan langsung dengan udara luar, floordeck di cat anti karat. 

Sampai sini dulu, karena penulis mau kerja lagi.. :D

No comments:

Post a Comment