Wednesday, 1 November 2017

Jenis Grade Baja Konstruksi Di Pasaran Indonesia



Grade Baja Konstruksi yang Di Jual di Indonesia


Berawal dari chat dari temen yang udah pindah proyek ke Bandara di Semarang kemaren yang nanyain mutu baja untuk profil CNP itu apa, terus tak cari-cari di komputer ternyata ada banyak standard baja yang sayang kalau gak di bagikan, kali ini saya mau share tentang jenis-jenis grade kekuatan baja yang di jual di indonesia.


Jadi secara umum, yang memisahkan mutu baja konstruksi satu dengan yang lainnya adalah kekuatan lelehnya dan kuat putusnya. Kekuatan baja dipengaruhi dari komposisi campurannya baja itu sendiri, semakin banyak unsur karbonnya semakin keras rapi semakin getas, semakin banyak vanadium nya semakin alot/liat.. kalo gak salah gitu..


1.      Besi beton


Kalo besi beton itu umum, mutunya dibagi bagi berdasarkan SNI 2052-2002, biasanya kita nyebutnya U atau BJTP atau BJTD... yang umum ada di pasaran biasanya BJTP 24 sama BJTP 40



2.      Baja Profil


Nah kalo baja profil itu banyak banget kelas nya yang di jual di Indonesia, mulai dari yang pake standard Jepang JIS, pake standard amerika ASTM, ada juga yang bake standard indonesia (BJ). Dimulai dari yang standard dipake itu biasanya dibuat dengan cara extrusi hot roll, grade nya biasanya BJ37 (SNI) setara JIS G3101 SS400 atau ASTM A36 yang punya kuat leleh 240 Mpa dan kuat tarik 400 Mpa. Baja profil Hot Roll  itu misalnya IWF, H-beam, UNP, dan siku. berikut adalah perbandingannya :











Kalau baja yang grade nya di atas itu biasanya pake profil welded, jadi profilnya dibuat dari lembaran lembaran pelat yang di las, biasanya pake mutu  BJ55 setara sama JIS G3106 SM490 YB atau kalau ASTM belum tau apa yang setara. Biasanya ukuran yang di pakai juga custom menyesuaikan dengan desain struktur nya.











3.      Pipa Baja

Nah berikutnya adalah Pipa Baja, baik pipa baja kotak maupun pipa baja bulat mutunya ada 2, yang standard itu A53 Grade B dan yang mutu tinggi itu A500.

Ini yang ASTM A53




Dan ini untuk ASTM A500





4.      Metal sheet

Bersambung....



5.      Angkur dan Baut

Bersambung...



No comments:

Post a Comment